3 Cara Mengatasi Mata Perih Berdasarkan Penyebabnya

by - Maret 04, 2024

Mata Perih

Mata yang perih dan terasa panas memang sangat mengganggu aktivitas dan komunikasi sehari-hari. Biasanya, Anda akan secara sengaja atau tidak sengaja mengucek mata. Padahal sebenarnya mengucek mata perih tidak diperbolehkan karena membuat mata semakin parah. Lantas, bagaimana cara mengatasi mata yang perih? Artikel ini membahas berdasarkan penyebabnya.

Cara Mengatasi Mata Perih Berdasarkan Penyebabnya

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mata Anda menjadi perih, berikut ini adalah cara mengatasinya:

1. Mata Kering

Mata kering atau dry eye syndrome yaitu kondisi saat saluran air mata tidak mendapatkan produksi air mata yang cukup. Akhirnya, air mata tidak cukup untuk melembabkan kelopak mata sehingga terasa perih.

Ada banyak hal yang bisa membuat mata menjadi kering. Mulai dari melihat layar gadget dalam jangka waktu panjang, terlalu lama berada di ruangan ber-AC, dan lain sebagainya. Cara mengatasi mata yang perih karena mata kering sangat mudah.

Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang memiliki kandungan hydroxypropyl methylcellulose. Fungsi dari obat tetes mata yaitu melembabkan mata dan menjadi air mata buatan. Selain memakai obat tetes mata, Anda juga harus memenuhi asupan vitamin A dan omega-3 yang baik untuk mata.

2. Blefaritis

Blefaritis merupakan infeksi bakteri yang biasanya menyerang bagian pinggir kelopak mata. Biasanya, blefaritis terlihat meradang sehingga menimbulkan rasa perih pada mata Anda. Bahkan blefaritis menyebabkan mata bengkak dan kemerahan.

Saat mengalami perih karena blefaritis, Anda bisa melakukan kompres hangat. Fungsinya yaitu membuat mata nyaman dan melunakkan kerak belek di tepi kelopak mata. Anda bisa melakukan kompres hangat selama 10 menit. Lakukan secara rutin beberapa kali dalam sehari untuk hasil maksimal. 

3. Alergi Konjungtivitis

Terakhir, mata yang perih karena alergi konjungtivitis. Alergi ini terjadi ketika ada zat atau benda asing masuk ke mata. Reaksi alergi bermacam-macam, biasanya membuat mata terasa perih, gatal, dan kemerahan. Cara mengatasinya yaitu menjauhi sumber alergi. Selain itu, Anda juga membutuhkan obat yang diresepkan oleh dokter. 

Itulah cara mengatasi mata perih berdasarkan penyebabnya. Obat tetes mata yang menyediakan beberapa pilihan varian yaitu Insto. Anda bisa memilih obat tetes mata berdasarkan kebutuhan.

You May Also Like

0 komentar

Renovasi Kamar Mandi Ramah Lingkungan: Tips Hemat Air dan Energi

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang seringkali membutuhkan banyak air dan energi. Hal ini dapat berdampak negatif terhada...