Jauhi 5 Penyebab Mata Iritasi Berikut Agar Mata Lebih Sehat

by - November 15, 2023


Memiliki mata yang sensitif dan mudah iritasi? Anda harus menjauhi beberapa penyebab
mata iritasi. Iritasi pada mata memang biasa terjadi, namun tetap bisa mengganggu kenyamanan Anda. Pasalnya, mata yang iritasi biasanya mengalami gejala seperti kemerahan, berair, bahkan muncul rasa perih.

5 Penyebab Mata Iritasi

Langsung saja, berikut ini 5 penyebab iritasi pada mata yang harus Anda jauhi:

1. Virus dan Bakteri

Virus dan bakteri bisa menyebabkan mata menjadi iritasi. Biasanya, virus dan bakteri tersebut membuat bagian konjungtiva mata menjadi merah. Gejala lain yaitu mata berair hingga bengkak. Jenis virus yang sering menyebabkan iritasi adalah adenovirus, sementara jenis bakterinya adalah stafilokokus.

2. Paparan Bahan Kimia

Bahan kimia memang sangat berbahaya jika terkena bagian tubuh sensitif seperti mata. Biasanya, orang yang bekerja di pabrik rentan terkena paparan bahan kimia. Selain itu, bahan kimia seperti sulfur, timbal, atau arsenik juga bisa membuat iritasi pada mata semakin parah.

3. Lingkungan

Penyebab mata menjadi iritasi selanjutnya adalah lingkungan. Lingkungan termasuk salah satu penyebab paling umum. Biasanya, mata yang iritasi karena lingkungan terlihat kemerahan dan terasa gatal. Ada banyak faktor penyebab iritasi yaitu serbuk sari bunga, debu, asap kendaraan, polusi, dan lain sebagainya. 

4. Kelelahan

Sering mengalami iritasi pada mata karena kelelahan? Biasanya, hal ini terjadi saat Anda terlalu banyak bekerja di depan komputer atau laptop. Menatap layar dalam jangka waktu lama membuat mata kering dan kemerahan. Akhirnya, mata Anda akan menjadi sensitif sehingga berisiko terkena infeksi.

5. Ulkus Kornea

Terakhir, mata yang iritasi juga bisa disebabkan oleh ulkus kornea. Ulkus kornea sendiri adalah luka terbuka pada permukaan kornea mata. Biasanya, orang-orang yang memakai lensa kontak secara intens yang mengalaminya. Oleh sebab itu, lensa kontak tidak boleh dipakai dalam durasi lama, apalagi semalaman.

Itulah informasi mengenai penyebab mata iritasi yang perlu Anda jauhi. Selain itu, Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan meneteskan obat tetes mata. Insto menjadi salah satu pilihan obat tetes mata yang mudah Anda temukan di pasaran.



You May Also Like

0 komentar

Renovasi Kamar Mandi Ramah Lingkungan: Tips Hemat Air dan Energi

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang seringkali membutuhkan banyak air dan energi. Hal ini dapat berdampak negatif terhada...