Bonding Adalah: Tips Membangun Bonding Antara Ibu dan Bayi Batu Lahir

by - Maret 28, 2023

Meskipun secara alami ibu dan anak sudah memiliki ikatan tersendiri, namun Anda tetap harus membangun bonding untuk memperkuatnya. Secara umum, bonding adalah ikatan emosional kuat yang terjalin karena rasa cinta, kasih sayang, dan kehangatan. 

Menciptakan bonding dengan anak-anak cenderung lebih mudah karena mereka sudah bisa diajak bermain bersama. Sedangkan menciptakan bonding dengan bayi menuntut Anda harus selalu aktif. Berikut beberapa tips membangun bonding antara ibu dan bayi:

Mengajak Interaksi Saat Berada di Dalam Kandungan

Bonding ternyata tidak hanya bisa dibangun saat Si Kecil sudah lahir. Anda bisa memulainya sedari mereka dalam kandungan. Cobalah mengajak bayi berbicara sambil mengelusnya. Lakukan secara rutin dengan penuh kasih sayang.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Setelah bayi lahir, Anda bisa mulai membangun bonding dengan cara Inisiasi Menyusu Dini (IMD). IMD biasanya bisa dilakukan setelah pemotongan tali pusar bayi. Selain membangun bonding, IMD memberikan banyak manfaat terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi.


Melakukan Skin to Skin

Skin to skin merupakan aktivitas yang harus dilakukan untuk meningkatkan bonding. Contohnya yaitu meletakkan Si Kecil di atas perut dan dada, jadi kulit Anda dan Si Kecil akan bersentuhan.

Sering Menatap Si Kecil dan Mengajak Ngobrol

Bayi yang baru lahir memang belum bisa berbicara. Namun Anda tetap bisa mengajaknya ngobrol seperti ketika di dalam kandungan. Selain itu, Anda juga harus sering-sering menatap bayi dengan senyum dan ekspresi sayang. 

Rutin Menyusui

Tips membangun bonding terakhir yang bisa diterapkan adalah rutin menyusui. Saat menyusui, ibu akan melepaskan hormon oksitosin yang bisa meningkatkan relaksasi, rasa cinta, serta kedekatan antara bayi dan ibunya. Selain itu, ASI masih jauh lebih baik dibandingkan susu formula. 

Itulah beberapa tips membangun bonding antara ibu dan bayi baru lahir. Bonding adalah sesuatu yang Anda ciptakan. Jadi pastikan membangun bonding untuk menciptakan keterikatan dengan anak. Selain itu, Anda juga harus memberikan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang anak. Blackmores Koalakids merupakan multivitamin yang bisa diberikan pada anak mulai dari usia 1 atau 2 tahun.

You May Also Like

0 komentar

Renovasi Kamar Mandi Ramah Lingkungan: Tips Hemat Air dan Energi

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang seringkali membutuhkan banyak air dan energi. Hal ini dapat berdampak negatif terhada...