Apa Perbedaan Content Marketing dan Content Strategy? Ini Jawabannya
Di era digital saat ini, bisnis tidak cukup hanya mengandalkan iklan untuk menarik perhatian audiens. Perlu strategi yang lebih terarah agar konten bisa memberikan nilai sekaligus membangun kepercayaan audiens. Nah, dua istilah yang sering muncul dalam dunia pemasaran yaitu content marketing dan content strategy.
Sekilas terlihat mirip kan? Ada juga yang menganggap content strategy bagian dari pemasaran konten atau sebaliknya. Agar tidak salah lagi, cari tahu apa perbedaan keduanya di sini!
Perbedaan Content Marketing dan Content Strategy
Dalam menjalankan pemasaran dengan konten, Anda tentu saja harus melakukan strategi konten juga. Langsung saja, berikut penjelasan mengenai perbedaannya.
1. Tujuan
Pemasaran konten adalah pendekatan strategis yang menekankan pada pembuatan dan distribusi konten berkualitas, relevan, serta bernilai tinggi. Tujuan dari pemasaran konten yaitu menarik perhatian audiens, membangun hubungan yang kuat, mempertahankan kepercayaan, dan mendorong menjadi pelanggan setia. Sementara strategi konten lebih fokus pada perencanaan dan pengelolaan konten agar sesuai visi serta tujuan bisnis.
2. Fungsi
Pemasaran konten berfokus pada proses pembuatan konten yang relevan dan menarik untuk menjangkau audiens yang sesuai. Sementara strategi konten menekankan pada analisis yang mendalam terhadap kebutuhan serta tujuan bisnis. Setelah itu, digital marketer harus menentukan jenis konten yang tepat dan sesuai target pemasaran.
3. Hal yang Ingin Dicapai
Content marketing atau pemasaran konten dibutuhkan untuk mendukung strategi yang bisa meningkatkan peringkat konten di mesin pencari. Sedangkan, strategi konten memastikan konten tetap user friendly, mudah diakses, serta mampu menyampaikan informasi yang relevan dan berkualitas. Dengan begitu, audiens bisa mendapatkan pengalaman yang konsisten dan bermanfaat.
4. Tugas yang Dijalankan
Seorang content marketer bertugas mencapai target kampanye, seperti meningkatkan trafik website, menjangkau audiens yang lebih luas, serta menjaga reputasi brand atau perusahaan. Sedangkan strategi konten menjadi dasar dalam pembuatan konten. Pasalnya, channel, platform, trend, dan strategi pemasaran harus selalu dikembangkan agar sesuai kebutuhan pasar.
5. Langkah Kerja
Pemasaran konten adalah eksekusi dari kampanye pemasaran yang dijalankan untuk mencapai tujuan tertentu dan menjangkau audiens yang lebih luas. Sedangkan strategi konten adalah tahapan riset dan perencanaan yang menjadi dasar dalam menjalankan kampanye pemasaran yang efektif, konsisten, dan sejalan dengan tujuan pemasaran.
6. Sistem Kerja
Pemasaran konten dijalankan dengan dasar hasil akhir yang sudah ditentukan sebelumnya. Jadi, prosesnya disusun untuk mendukung tujuan tersebut. Sementara strategi konten dimulai tanpa kesimpulan yang pasti. Tahapan sistem kerjanya untuk mengetahui apa yang harus dilakukan agar berkembang sesuai kebutuhan dan siap menghadapi tantangan masa depan.
7. Dasar Penelitian
Terakhir, dasar penelitian pada pemasaran konten memakai penalaran deduktif, yaitu berasal dari kesimpulan lalu diarahkan untuk mencari langkah-langkah pendukungnya. Sedangkan strategi konten memakai penalaran induktif, yaitu dimulai dari data dan analisis yang detail untuk mendapatkan kesimpulan.
Sukseskan Content Marketing dengan Bantuan IDEOWORKS
Content marketing maupun content strategy sama-sama penting untuk keberhasilan bisnis di era digital. Strategi yang matang tanpa eksekusi yang baik tidak akan memberikan hasil yang efektif, begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, penting bagi bisnis Anda untuk bekerja sama dengan agensi berpengalaman.
IDEOWORKS hadir sebagai agensi pemasaran digital yang mampu membantu merancang strategi konten sekaligus mengelola pemasaran agar lebih terarah. Sebelum memesan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui strategi dan pemasaran konten yang bagaimana yang cocok dengan bisnis Anda. Yuk, hubungi IDEOWORKS sekarang!
0 komentar